Minggu, 11 September 2011

PENGENALAN HARDWARE MOTHERBOARD

Alur komunikasi pada motherboard
Northbridge adalah chipset Intel yang terhubung langsung dengan prosesor komputer dan memory controller yang memberikan akses cepat dari CPU ke memori,Peripheral Component Interconnect (PCI) bus, Level 2 cache, dan semua kegiatan Accelerated Graphics Port (AGP). Northbridge berkomunikasi dengan prosessor menggunakan bus Tampak Depan (FSB). Hal ini juga menghubungkan periferal melalui saluran berkecepatan tinggi seperti AGP dan PCI Express. Northbridge juga termasuk pengontrol layar, obviating kebutuhan adapter layar terpisah.
Northbridge adalah sebuah chip yang mengatur fungsi kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.
Southbridge tidak secara langsung terhubung ke CPU. Melalui penggunaan saluran pengendali sirkuit terpadu, Northbridge langsung dapat menghubungkan sinyal dari I / O untuk unit CPU untuk mengontrol data dan akses.
Adapun pengertian dari perangkat-perangkat diatas, yaitu:

1.     BUS :
Sebuah ungkapan yang melambangkan jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainya seperti memori, kartu grafis, kartu suara pada motherboard.


2.     BIOS :
Singkatan dari basic input/output system, yaitu kumpulan informasi sebuah dari sebuah motherboard berupa software yang berisi perintah-perintah dasar. BIOS berfungsi sebagai sarana komunikasi antara system operasi dan hardware yang terdapat pada motherboard.

3.    
            CMOS  :
Complementary Metal Oxide Semikonduktor pada motherboard merupakan IC atau chip yang menampung informasi BIOS. Software bios bisa di akses pada setup CMOS pada saat PC melakukan booting.                

4.     Chipset :
Adalah chip yang menjadi jembatan aliran data antara sub system sebuah PC, mengaliran aliran data tersebut dan menentukan perangkat apa saja yang didukung oleh motherboard tersebut.

5.      FSB :
Front Side Bus yaitu kecepatan bus dari sistem pada motherboard.



6.    SLOT :
Tempat menancapkan komponen tambahan ada beberapa slot contohnya ISA, PCI, dan AGP.

7.     SLOT MEMORY :
Slot khusus bagi memori utama, ada dua jenis slot memori tergantung pada motherboard yang di gunakan. Contohnya DIMM (dual in line memori module), SDRAM (synchronous dynamic random acsess memory), DIMM SDRAM, DDR (double data rate) SDRAM,.

8.    PCI :
Peripherial Component Interconnect, bus ini merupakan peningkatan dari bus ISA. Mampu bekerja pada bandwidth data 31-bit dan berkecepatan 33MHz. Termasuk salah satu bagian slot.


9.    AGP :
Pertama kali dikembangkan oleh intel, Acclerated Grafic Port memiliki keunggulan dengan hubungan langsung dengan CPU dan memori utama ada AGP 1X,2X,4 dan AGP pro sanggup mentransfer data sampai 1,6 Gigabyte/detik.
10   I/O port :
Port komunikasi motherboard dengan peranti I/O. Motherboard modern selain memiliki port komunikasi juga memiliki  port USB PS/2 untuk mouse dan keyboard, serta port USB (Universal Serial Bus)  untuk menggabungkan PC dengan peranti eksternal seperti scanner, printer, kamera, dan lain-lain.


BIOS DAN FUNGSINYA
Bios itu sendiri adalah singkatan dari Basic Input Output System. yang merupakan software pertama dalam suatu komputer sebelum komputer itu bisa dijalankan. sedangkan fungsinya sendiri adalah untuk mendetek hardware yang dibutuhkan, dan juga melakukan awal instalasi, serta pengubah bahasa mesin menjadi bahasa monitor, dan itulah yang akhirnya anda lihat di layar monitor

Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi untuk Power-on self test (POST). Tes untuk memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang dibutuhkan untuk mulai beroperasi adalah baik, seperti penggunaan memori, keyboard dan bagian lainnya. Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode Kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.
BIOS juga bekerja untuk memberikan komputer informasi dasar tentang bagaimana berinteraksi dengan beberapa komponen penting, seperti drive dan memori, yang akan memuat sistem operasi. Setelah petunjuk dasar telah dimuat dan self-test telah sukses, komputer dapat melanjutkan dengan memuat sistem operasi dari salah satu drive terpasang.


Tipe-tipe BIOS:

Kombinasi Keyboard
Tipe BIOS
Del
AMI, AWARD
ESC
Toshiba
F1
Toshiba, Phoenix and later models from Late model PS/1 Value Point and 330s
F2
NEC, Dell
F10
Compaq
Ins
IBM PS/2s
twice Reset
Dell
Alt+Return
Dell
Alt+"?"
some PS/2-Models
Ctrl+Esc
General
Ctrl+Ins
some PS/2-Models
Ctrl+Alt+Esc
AST Advantage, Award, Tandon
Ctrl+Alt+"+"
General
Ctrl+Alt+S
Phoenix
Ctrl+Alt+Ins
Zenith, Phoenix
Ctrl+S
Phoenix
Ctrl+Shift+Esc
Tandon 386er
Ctrl+Shift+Alt +Del(num.Keypad)
Olivetti PC Pro
Setupdisk
Compaq, Epson, IBM, Toshiba, 286er

Tidak ada komentar:

Posting Komentar